Air Terjun Coban Gintung, Liburan Yang Ga Biasa di Malang

Air Terjun Coban Gintung, Liburan Yang Ga Biasa di Malang

Di tengah rimbunya pohon di dalam hutan terpencil, Air Terjun Coban Gintung begitu anggun tegak berdiri. Debit air yang cukup deras memberikan kedamaian hati yang sudah bosan dengan deru suara bising kemacetan jalan raya, dan ketikan di keyboard komputer kantor. 
Terletak di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, perjalanan menuju ke Air Terjun Coban Gintung tidaklah begitu susah. Menempuh jarak sekitar 70km dari Kota Malang, japulers dapat mengikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Turen, Lanjut ke Kecamatan Dampit, dan terakhir Kecamatan Ampelgading. 
Japulers, ketika kita mengunjungi Air Terjun Coban Gintung akan dikenai karcis masuk sebesar Rp10.000, asumsikan naik jadi Rp15.000 ya.

Japulers tidak hanya mendapatkan view air terjun saja, namun juga sebuah goa misterius, Goa Gintung. Goa ini merupakan peninggalan zaman purba. Namun jika ingin memasuki Goa Gintung, Japulers harus meminta izin dulu kepada juru kunci atau pengelola coban ini.

Lokasi Air Terjun Coban Nirwana, Di Malang Jawabanya

Lokasi Air Terjun Coban Nirwana

Malang seolah tak pernah habis menawarkan keindahan alamnya. Mulai dari Gunung, Pantai, Kuliner, hinga budaya. Satu demi satu lokasi wisata baru ditemukan di sekitar Malang. Salah satu yang terbaru adalah Coban Nirwana. 

Coban Nirwana adalah tempat wisata baru yang sedang heboh di media sosial. Air Terjun ini memiliki nama lain, penduduk setempat menyebutnya Coban Gedangan. Karena apa Japulers? Karena Lokasi Air Terjun Coban Nirwana ada di Desa Gedangan. 
Memiliki aliran air yang bertingkat dan debit air yang cukup deras dan jernih, Air Terjun Coban Nirwana menjadi jujugan wisatawan yang cukup tenar. Instagram pun ramai dengan postingan Coban Nirwana. 
Baca Juga : Arjuna Dan Puncak Ogal-Agil nya
Dengan mengambil gambar latar air terjun yang bertingkat, foto di Instagram akan tampak lebih indah dengan dua air yang menggerojok kebawah. Udara yang bersih dan air yang jernih membuat wisatawan betah berlama-lama disini.
Menuju ke Lokasi Air Terjun Coban Nirwana cukup mudah. Terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten malang, Air Terjun Coban Nirwana berada di perbatasan antara Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumber Manjing Wetan, tepat di bawah jembatan pemisah dari dua kecamatan tersebut. 

Dengan menggunakan sepeda motor atau mobil, ambil arah Gadang-Bululawang-Turen-Gedok-Sumber Manjing Wetan. Sesampainya di desa Gedangan, bertanyalah kepada penduduk sekitar, karena masih belum banyak petunjuk arah menuju ke Lokasi Air Terjun Coban Nirwana. 

Bosan Pergi Liburan Naik Kereta Kelas Ekonomi Terus? Ini 4 Pilihan Kelas Lainnya

Bosan Pergi Liburan Naik Kereta Kelas Ekonomi Terus? Ini 4 Pilihan Kelas Lainnya

Kereta Api memang menjadi idola moda transportasi darat di Indonesia. Murah dan selalu tersedia menjadi daya tarik utama Kereta Api ini. Namun demikian, peminat moda transportasi ini tak hanya travelers yang berkantong cekak saja. 

Mulai Selasa (12/6/2018) PT KAI membagi subkelas pelayanannya menjadi 5. Berikut adalah penjelasan perbedaan fasilitas yang ada:

1. Ekonomi

Berbagi dengan 105 penumpang lainnya dalam satu gerbong, Kereta Ekonomi KAI dilengkapi dengan bangku yang tegak lurus, colokan listrik, dan tidak ketinggalan AC. Jumlah penumpang yang banyak mengharuskan PT KAI menyusun bangku dengan formasi 3-2 dalam satu barisan, dan bangku yang dilapisi busa yang agak tipis. 
Direktur Jenderal Perkeretaapian menyapa penumpang KA Brantas Lebaran, guna memastikan seluruh pemudik jasa layanan memperoleh layanan terbaik serta memastikan selamat sampai tujuan ~ twitter @perkeretaapian

2. Bisnis

Kereta Api Ranggajati
Kereta Bisnis memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit daripada Kereta Ekonomi. Satu gerbong kereta diisi 64 bangku saja, sehingga jarak kaki lebih lapang. Dengan Formasi tempat duduk 2-2, kereta bisnis memberikan kenyamanan yang lebih kepada penumpangnya. 
Baca Juga (New) Bandara Ahmad Yani Semarang, Keren Abis

3. Eksekutif

Susunan bangku kereta api Gajayana

Kereta eksekutif memiliki bangku yang lebih sedikit lagi, yaitu hanya 50 bangku tiap gerbongnya. Model bangku yang bisa di rebahkan dan memiliki jarak antar bangku yang luas menjadi layanan utamanya. Dilengkapi dengan bantal, selimut, televisi per kereta. 

4. Prioritas


Agustus 2017, PT KAI meluncurkan priority class train. Dengan fasilitas yang lebih mewah dari Kereta Eksekutif. Fasilitas di subkelas ini dapat dinikmati tiap bangku. Seperti Audio Video On Demand (AVOD) di setiap tempat duduk penumpang, lalu makanan ala carte. 

Desain kereta juga memiliki perbedaan yang mencolok dengan subkelas lainnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan. Satu kereta subkelas prioritas dapat memuat 28 penumpang. Kursinya menyerupai kursi pesawat dengan tumpuan kaki dan dapat direbahkan dengan tuas.

5. Sleeper


PT KAI semakin memanjakan penumpangnya dengan meluncurkan subkelas luxury, yaitu sleeper train. Perbedaan mencolok pada kelas ini adalah bangku yang memiliki partisi sehingga memberikan privasi bagi penumpangnya. Bangku yang dapat ditebahkan hingga 150 derajat dengan tombol otomatis sehingga penumpang dapat berbaring dengan nyaman layaknya ditempat tidur. 

Fasilitas televisi 12 inci dengan layar sentuh dan earphone, colokan listrik dan USB charger, juga dua kali makan selama perjalanan, minuman, dan kudapan. 


Jadi bagaimana japulers, bosen naik KA ekonomi? mau nyoba yang lain?

Sumber Sirah, Wisata Penghilang Perut Melar Setelah Lebaran

Sumber Sirah, Wisata Penghilang Perut Melar Setelah Lebaran

Perut melar kebanyakan makan opor ayam dan ketupat? Pengen kurus lagi, tapi males olahraga? Liburan lagi aja, sambil olahraga. Yak Betul, dengan liburan ke Sumber Sirah yang berlokasi di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang ini bisa kembali mengecilkan lingkar perut yang membesar, serta menghilangkan penat akibat bermacet-macet ria di arus balik lebaran.
Baca Juga Pantai Kondang Merak, Malang Selatan
Sumber Sirah adalah salah satu wisata air tawar yang berada di Malang Selatan. Yang menarik dari Sumber Sirah adalah kolam atau pemandian air tawar yang terkenal akan kesegaran dan kejernihan airnya. Seperti di Umbul Ponggok atau Umbul Manten yang ada di Klaten, kalian bisa berenang disini.

Nikmati kejernihan air di Sumber Sirah, termasuk pemandangan bawah airnya. Bukan terumbu karang layaknya di lautan yang bisa kalian lihat disini. Namun airnya yang jernih menampilkan biota dan flora air tawar yang indah dan jarang kita lihat. Di dasar sumber air ini ada banyak tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau. Tumbuhan tadi tumbuh di pasir halus dan bebatuan kecil dengan ikan yang berenang kesana kemari di antaranya. 
Jika ingin pergi libruan ke Sumber Sirah, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Sumber Sirah. Atau, kalian bisa menyewa sepeda motor dari Malang. Dari arah malang, kalian bisa berkendara menuju ke selatan arah bululawang setelah itu lanjut menuju arah pabrik gula krebet dengan mengambil arah lurus. Dari sana nanti kalian akan menemui pabrik pioneer.
Setelah beberapa saat melewati pabrik pioneer tengoklah ke kanan jalan, ada dua pertigaan yang akan kalian lalui. Pertigaan pertama, lewati saja dan setelahnya lagi adalah pertigaan ke dua. Beloklah ke kanan pada pertigaan kedua, Wisata Sumber Sirah tak Jauh dari situ. Atau ikuti google maps berikut Sumber Sirah

Lebaran Tidak Mudik? Jangan Sedih, Lakukan Tips Ini Di Perantauan

Yang Lain Mudik, Kok Aku Enggak

Ada beberapa alasan orang tidak bisa melaksanakan ritual hari raya idulfitri ini. Ada yang tidak mudik karena tugas negara, transportasi yang susah untuk pulang, tidak dapat tiket, pimpinan yang rese, atau mungkin sedang ada masalah finansial ya. 

Oke, apapun alasannya yang membuat kita tidak jadi mudik ke kampung halaman, toh kita tetap melaksanakan Lebaran. Jadi Japulers (jarangpulangers terlalu panjang), kita harus menyambut lebaran dengan gegap gempita dan riang gembira, seperti Ria Enes dan Susan. Lakukan tips dan trik berikut supaya lebaran di negeri orang tetap seperti lebaran di kampung halaman. 

Rayakan Bersama Kerabat di Perantauan

Jika Japulers tak bisa mudik, Japulers bisa merayakan Idul Fitri bersama kerabat terdekat yang senasib sepenanggungan alias sama-sama tidak pulang kampung. Japulers bisa sekaligus bersilaturahmi ke rumah tetangga, warung langganan tempat ngutang makan, teman, saudaranya teman, kakaknya teman, mantannya teman, gurunya teman, tukang parkir dekat warung langganan, pak polisi yang tidak ikut mudik, satpam bank yang juga tidak ikut mudik, pak ogah yang setia mengatur lalulintas, tukang bakso tikungan yang baksonya ngga begitu enak tapi mau gimana lagi yang jual makanan cuma dia, tukang rujak, juru parkir ATM yang rese, mbak-mbak minimarket, atau terserah mau kemana, asalkan salaman dan saling meminta maaf. Umumnya, orang yang merayakan Idul Fitri akan menyambut baik kedatangan orang lain yang juga merayakan Idul Fitri, kecuali Japulers dateng cuma buat ngehabisin opor ayamnya doang. 

Video Call

Japulers, sekarang sudah tahun 2018, emak dan bapak kita sudah sering bikin acara reuni dan buka bersama temen sekolah di masa lampau. Mulai dari bukber TK, SD, SMP, SMA, temen les, temen main gundu, temen main petak umpet, temen main di kali, temen kuliah, temen ekskul, temen cabut sekolah, temen rumah, pokoknya semua temen deh. Mereka berhasil menemukan benang merah masa lalu dengan menggunakan aplikasi ajaib yang bernama WHATSAPP. 

Yak, whatsapp merupakan aplikasi ajaib yang mampu menjadikan nomor handphone menjadi data akun pribadi dan langsung terhubung dengan orang lain yang menyimpan kontak kita di smartphone nya. Gunakanlah aplikasi ajaib ini untuk melakukan video call dengan keluarga di rumah. Setidaknya walaupun Japulers tidak pulang, tapi masih bisa setor muka lah. Fitur video call benar-benar membantu untuk mengurangi kadar rindu kepada sanak saudara di kampung halaman. 

Gunakanlah fitur ini untuk mengobati rindu kepada sanak keluarga, om, tante, kakek, nenek, buyut, ponakan yang lucu, ponakan yang bandel, temen SD, temen ngaji, dan semuanya, kecuali mantan pacar yang udah jadi istri orang ya, jangan, pokoknya jangan. 

Masak Makanan Kampung

Apasih yang Japulers rindukan selain keluarga di kampung kalau bukan makanan khas kampung halaman. Ya, segera deh masak masakan yang disajikan khas pas lebaran di kampung Japulers. 

Tentukan masakan apa yang ingin di maskan Japulers. Susun segera resepnya, tulis yang rapi dari bahan utama sampai bahan pendukung. Ngga tau resepnya? telpon orang tua di kampung, tanya resepnya apa saja. Ngga punya pulsa? Wong ada WA call, masa ngga punya paket data. Ngga tau bentuk bahannya? wong ada video call. Ngga di angkat? wong ada google search. 

Setelah itu, segera pergi ke pasar, dan kumpulkan bahan-bahannya. Kalau tidak ada, cari subtitusinya. Jika sudah, besok setelah sholat ied, ajak orang-orang sekitar yang tidak mudik untuk masak bersama Japulers. 


Bagaimana Japulers, tidak mudik-tidak masalah bukan?

Pekalongan, Sego Megono sampai Kopi Tahlil


Sarapan Sego Megono dan Mencecap Kopi Tahlil

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terletak di jalur pantai utara jawa. Bergelar Kota Batik, perekonomian Pekalongan tak hanya berpangku pada produksi batik saja. Dalam bidang perikanan, Kota Pekalongan memiliki sebuah pelabuhan perikanan terbesar di Pulau JawaPelabuhan ini sering menjadi transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan dari berbagai daerah. Selain itu di Kota Pekalongan banyak terdapat perusahaan pengolahan hasil laut, seperti ikan asinterasi, sarden, dan kerupuk ikan, baik perusahaan berskala besar maupun industri rumah tangga.

Sego Megono

Melewati Kota Pekalongan tak afdol jika tidak mampir untuk mencicipi kuliner terkenal di kota ini, Sego Megono. Sego megono ialah kuliner ciri khas Pekalongan. Parutan kelapa dicampur cincangan nangka muda yang disajikan di atas nasi hangat bersanding dengan tempe kemul alias tempe mendoan berukuran besar. 

Berbeda dengan tempe mendoan pada yang kita kenal luas, tempe kemul digoreng namun tidak sampai kering. Masih nyemek-nyemek adonan tepung yang membuat tempe terasa sedikit lembek. Tempe kemul dengan aroma bawang putih, nasi putih yang masih hangat, dan megono yang gurih tentu menjadi perpaduan menu yang nikmat untuk mengisi perut yang kosong. 

Soto Tauto




Indonesia memiliki ratusan jenis hidangan soto, dan pekalongan punya Tauto. Beda Soto Tauto dengan soto pada umumnya adalah bumbu berupa saus tauco yang ditumis dan dicampur dengan berbagai bumbu lain. 

Inilah mengapa, kuah Tauto Pekalongan tidak bening atau semu kuning seperti soto daerah lain. Keunikan ini yang membuat Tauto dikenal orang. Tidak heran jika Soto Tauto menjadi salah satu kuliner wajib selain Sego Megono, yang harus dicoba saat sedang wisata kuliner di Kota Batik.

Kopi Tahlil

Berawal dari kopi yang disuguhkan saat ada acara tahlil, atau peringatan kematian seseorang, Kopi Tahlil di jual pada awal 2002 oleh Pak Usman. Racikan kopi biasa yang di tambahkan rempah-rempah menambah citarasanya. 

Rasa jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, wangi pandan, sereh, dan pala terasa harum dan hangat di tenggorokan. Wangi-wangian rempah inilah membuat kita segar dan melek selain kafein dari kopinya sendiri. Itulah kopi rempah, alias kopi Tahlil.

Bagaimana? Tertarik mampir ke Pekalongan? Perjalanan balik ke ibukota nanti mampir ya ke Pekalongan. 

Main Ke Jombang, Jangan Lupa Ke Makam Gus Dur

Wisata Religi di Jombang

JarangPulang - "Jombang Kota Beriman", begitulah tagline dari kota ini. Jombang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Berada tepat di tengah-tengah provinsi Jawa Timur, Jombang menjadi kota yang menempati jalur strategis, yaitu jalur utama yang menghubungkan antara Jogjakarta dan Surabaya.

Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Jombang. Menjadi tempat peristirahatan terakhir Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid, Pondok Pesantren Tebuireng tak pernah sepi dari peziarah. Tercatat tak kurang dari 3.000 peziarah datang tiap harinya, dan 9.000 orang pada akhir pekan.

Peziarah tak hanya datang dari Jawa Timur saja, namun dari seluruh pelosok Indonesia. Mereka datang dengan rombongan bus atau mobil pribadi. Tidak ada jam-jam khusus kunjungan, para peziarah datang setiap saat, bahkan larut malam sampai dinihari. Pengurus pondok tetap mengizinkan peziarah untuk masuk ke dalam areal makam Gus Dur. Makam memang terbuka 24 jam, namun ditutup pada saat menjelang maghrib dan dibuka kembali setelah shalat isya. 
Baca Juga Air Terjun Tretes, Pancuran Dari Kahyangan

Di Pesantren Tebuireng tak hanya ada makam Gus Dur sajam melainkan juga ada makam KH Hasyim Asyari, pendiri organisasi islam Nahdlatul Ulama, serta ayahanda Gus Dur, KH Wahid Hasyim dan sejumlah keluarga juga dimakamkan di lokasi tersebut.

Selain ziarah, traveler juga bisa ikut pengajian umum yang sering diselenggarakan oleh Pondok, Biasanya pengajian diselenggarakan dihari-hari khusus seperti Pengajian Tahun Baru Islam

Jadi travelers, engga cuma main-main aja ya, kadang perjalanan kita harus disisipi dengan perjalanan religi. Jadi, kapan main ke Jombang?