Goa Tetes, Keindahan Zaman Jurasik Dari Lumajang

shares

Goa Tetes

"Barang siapa yang mandi di Goa Tetes, akan dimudahkan jodohnya", begitu mitos yang berkembang di masyarakat sekitar Goa Tetes. Terletak di bawah jurang yang berhulu di Air Terjun Tumpak Sewu, akses menuju Goa Tetes tidaklah mudah. 

Menuruni bibir jurang yang curam dan licin, langkah kita harus pelan dan berhati-hati. Walaupun sudah terlihat Goa Tetes dari atas, namun perjalanan masih terasa jauh, karena curamnya jalan setapak menuju Goa Tetes. 

Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, sekitar 160 kilometer dari Surabaya, akses jalan menuju Goa Tetes cukup mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, travelers cukup mengikuti jalan raya arah ke Kota Malang, lalu dilanjutkan menuju Lumajang via jalur selatan. 

Opsi lain travelers dapat menggunakan bis dari surabaya menuju malang, turun terminal arjosari. Lalu naik angkot menuju Terminal Gadang, dan naik bus Menuju Lumajang menyusuri lereng selatan Gunung Semeru. dan turun di Pronojiwo.

Sesampainya Pronojiwo, travelers akan menemui baliho yang menunjukkan pintu masuk menuju Goa Tetes. Selepas dari pintu masuk, travelers akan disambut oleh seribu anak tangga menuruni jurang yang curam. 



Dari jauh sudah nampak keindahan Goa Tetes. Air Terjun yang mengalir dari puluhan mata air yang bersembunyi dibalik bebatuan sangat menggoda untuk diajak mandi. Disini kita akan menemui jalan yang licin dan berbatu, gunakanlah sendal atau sepatu gunung. 



Air di sekitar Goa Tetes tidak sekedar menetes seperti namanya, namun memancar deras dan membentuk banyak alur air  terjun, bahkan air terjun lebih dominan untuk dilihat karena Goa Tetes sendiri berukuran tidak terlalu besar.

Bebatuan disini terbentuk dari endapan kapur, karena itu bebatuan disini relatif tidak licin sehingga mudah untuk dipanjat sekalipun berlumut, tetapi saya sarankan untuk tetap berhati-hati saat memanjat. 




Air yang mengalir dari atas tebing terlihat indah jika dilihat dari dalam Goa Tetes. Air menetes dari ujung stalagtit menuju kolam yang berada di dalam Goa Tetes. 

Di dalam Goa Tetes terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berendam. Walaupun tidak besar, namun cukup untuk merendam seluruh badan. 


Dari sekian perjalanan menuju ke Goa Tetes, yang paling malas adalah kembali ke titik keberangkatan. Kenapa? Nanti travelers akan tahu sendiri jika sudah ke Goa Tetes.

Related Posts