6 Oleh-oleh Khas Kediri, Temen Sekantor Wajib Dibawain Lho

shares

Kediri - Kembali ke perantauan adalah hal paling berat dari siklus mudik. Terkadang membawa oleh-oleh dari kampung halaman bisa sedikit mengobati rasa kangen dikala kembali ke perantauan. Kalau travelers singgah ke Kediri, oleh-oleh ini wajib kalian bawa untuk dibagi-bagi. 

1. Tahu Takwa 

Sebuah kiriman dibagikan oleh galuh ratna elita (@galuhre) pada
Berbeda dari tahu produksi daerah lainnya, tahu takwa khas Kediri memiliki ciri khas tersendiri dengan warna khas Kuning keemasan. Teksturnya yang kenyal dan padat, tidak seperti tahu biasa, yang berrongga ketika di goreng. 

2. Keripik Bekicot


Selain diolah menjadi sate dan krengsengan, bekicot juga diolah menjadi keripik. Keripik bekicot merupakan oleh-oleh favorit selain tahu takwa dan getuk pisang. 
Baca 6 Kuliner Kediri Yang Wajib Dicicipi Saat Mudik, Ada Yang Harganya Rp 6rb lho

3. Getuk Pisang

Gethuk Pisang adalah salah satu makanan khas dari Kediri. Konon gethuk pisang adalah kudapan  warisan turun temurun dari zaman kerajaan.
Berbeda dari olahan gethuk pada umumnya yang terbuat dari singkong, gethuk pisang ini terbuat dari pisang. Pisang yang digunakan pun dipilih jenis pisang raja nangka. Pisang raja nangka dipilih karena memiliki citarasa yang khas, berbeda dengan pisang pada umumnya. Rasa manis-asam yang khas, dan teksturnya yang agak keras membuat jenis pisang ini tidak lembek ketika dikukus.

4. Stik Tahu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Adhony Martin (@adhonymartin) pada

Jangan makan Stik Tahu jika kamu punya niat untuk berhenti memakannya. Jangan tanya kenapa, pokoknya jangan!





5. Sambel Tumpang Instan


Pengen makan Sambal Tumpang di rantau, tapi tidak tau cara memasaknya? Sambal Tumpang Instan ini bisa menjadi solusinya. 

6. Krupuk Upil

Sebuah kiriman dibagikan oleh Candra Senja 🇮🇩🇵🇸 (@thecandrasenja) pada

Weits, namanya aja yang enggak enak, tapi rasanya numero uno. Pada awal dibuatnya kerupuk ini, kerupuk ini dibuat dengan ukuran kecil-kecil, dan rasanya cenderung asin. Rasa asin inilah yang diidentikkan oleh anak-anak desa sebagai upil.

Cara menggorengnya pun tidak menggunakan minyak, tapi dengan pasir yang sudah dibersihkan. Sehat dan non kolesterol bukan.

Jadi, jangan pelit-pelit ya travelers, beliin teman kerja kalian oleh-oleh ya

Related Posts