Singgah di Benteng Van Der Wijck, Jalur Pansela Kebumen

shares


Benteng Van Der Wijck

Dibangun pada abad ke 19, benteng ini merupakan benteng pertahanan milik Hindia-Belanda. Terletak di Kota GombongKabupaten KebumenJawa Tengah. Nama Van Der Wijck adalah berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Awalnya, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah wilayah karesidenan Kedu).




Menempati lahan seluas 3606 m2 dan tinggi hampir 10m, warna merah mencolok menjadikan benteng ini tampak jelas dibanding bangunan-bangunan kuno di sekelilingnya. Benteng Van Der Wijck memiliki 16 barak dengan ukuran 7,5 x 11 m2. 

Bangunan di sekitar Benteng Van der Wicjk adalah merupakan barak militer yang awalnya digunakan untuk meredam pasukan Pangeran Diponegoro. Karena kehebatannya yang juga didukung pemimpin-pemimpin lokal di jawa bagian selatan, Belanda menerapkan taktik benteng stelsel atau pembangunan benteng baru disetiap daerah yang sudah dikuasainya. 


Saat ini, kompleks Benteng Van Der Wijck menjadi tempat Sekolah Calon Tamtama dan barak militer milik TNI AD. Ada pula bangunan yang digunakan sebagai hotel dan ruangan serba guna. Tapi tidak hanya itu saja, benteng ini juga menjadi obyek wisata favorit untuk daerah Gombong dan sekitarnya. 

Satu keunikan tersendiri ketika travelers memasuki benteng ini, yaitu sebuah pengumuman yang bertuliskan “Sebelum masuk benteng sebaiknya Anda berdoa sejenak menurut kepercayaan masing-masing”. Sedikit creepy memang, namun sebaiknya diikuti saja. 



Sebagai kompleks militer tua yang memiliki sejarah yang sangat panjang, pasti banyak terjadi pertumpahan darah disini, sehingga kesan seram dan mencekam sulit untuk dihilangkan. Travelers juga harus ingat, benteng ini berada dalam kompleks militer, jadi jangan berlaku aneh-aneh dan hormatilah penghuni kompleks ini.

Jadi, jangan galau lewat Pansela, banyak wisata yang perlu dikunjungi. 
.

Related Posts